Tuesday 15 March 2016

Slogan dan Visualisasi Gizi Seimbang Terbaru 2014

Gizi seimbang ? Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar gizi seimbang ? sudah tahu ?
Promkes kini telah gencar mempromosikan kesehatan di bidang gizi melalui berbagai media, khususnya dengan media audio visual, melalui iklan di televisi dan media visual dalam bentuk poster di berbagai tempat umum guna menyejahterakan kesehatan masyarakat. Sesuai dengan Perkembangan IPTEK, ilmu Gizi pun ikut berkembang. Apa saja perkembangan terbarunya ? Here are, some of nutrition updates.

     Visual Gizi Seimbang adalah bentuk gizi seimbang yang menggambarkan semua prinsip gizi seimbang yaitu, beragam pangan, kebersihan dan keamanan pangan, aktifitas fisik dan pemantauan berat badan bagi masyarakat di suatu wilayah atau bangsa. Ada 2 visual gizi seimbang, yaitu Tumpeng Gizi Seimbang dan Piring Makanku, Porsi Sekali Makan. 

1. Tumpeng Gizi Seimbang
       Jika sebelumnya Anda mengetahui Piramida Gizi Seimbang, saat ini telah berkembang menjadi Tumpeng Gizi Seimbang yang isinya telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat agar bisa dijadikan acuan untuk menjalani pola hidup sehat. Sudah tahukah seperti apa gambar Tumpeng Gizi Seimbang ? Bisa di lihat  pada gambar dibawah ini :
Tumpeng Gizi Seimbang ada empat lapis berurutan dari bawah ke atas, semakin ke atas semakin kecil, yang artinya pangan pada lapis paling atas yaitu gula, garam, dan lemak dibutuhkan sedikit atau perlu dibatasi. Dalam setiap kelompok pangan dituliskan juga porsi yang dianjurkan, Misalnya pada kelompok sayuran tertulis 3-4 porsi sehari. 1 porsi sayuran setara dengan 1 mangkuk sayur, satu mangkuk sayuran beratnya sekitar 75gr, sehingga sayur perlu dikonsumsi sekitar 300gr dalam sehari.


2. Piring Makanku : Sajian Sekali Makan
   Visual piring makanku dijadikan sebagai panduan yang menunjukkan sajian makanan dan minuman pada setiap kali makan.

Seperti yang dilihat pada gambar diatas, 50% dari total piring makan adalah buah dan sayuran, dan separuh lagi dari makanan pokok dan lauk pauk. Piring Makanku menganjurkan bahwa porsi sayuran hampir sama banyaknya dengan makanan pokok dalam 1 kali makan, hal ini menunjukkan bahwa pentingnya keberadaan sayuran dalam 1 kali makan, sayuran tidak hanya dijadikan pemanis dalam piring makan. Piring makanku juga menganjurkan pentingnya minum air putih sebelum atau sesudah makan. Selain itu, pada gambar juga dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum atau sesudah makan.

Bagaimana dengan Slogan Gizi ? 4 Sehat 5 Sempurna ? ya, tapi itu dulu.
   4 sehat 5 sempurna telah teruji selama puluhan tahun, mudah diungkap, mudah dipahami, dan mempunyai makna dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Slogan ini sesuai dengan perkambangan IPTEK dan permasalahan gizi pada masanya dimana pedoman gizi hanya berdasarkan prinsip keragaman dari 5 kelompok pangan.
 Saat ini, perkembangan IPTEK gizi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi lima kelompok pangan tersebut belum memadai untuk mencapai hidup sehat dan cerdas. Dibutuhkan air sebagai zat gizi yang jumlahnya jauh lebih banyak dari kebutuhan pangan sehari-hari. Kebersihan diri dan keamanan pangan juga diperlukan agar terhindar dari kemungkinan penyakit menular dari makanan. Makan saja tanpa aktifitas fisik juga dapat menyebabkan obesitas. Oleh karena itu penyempurnaan pedoman gizi dari 4 sehat 5 sempurna menjadi Gizi Seimbang juga disertai dengan slogan gizi yang baru, yaitu " GIZI SEIMBANG BANGSA SEHAT BERPRESTASI "

So guys, seiring dengan updatenya ilmu gizi, pola hidup sehatmu juga harus disesuaikan. Besar harapannya jika masyarakat Indonesia terutama para pembaca bisa saling men-sharing sehingga masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang melek gizi. Yuk kita sama-sama tingkatkan kualitas kesehatan mulai dari diri sendiri, keluarga, saudara, teman, dan masyarakat luas.


Referensi : Buku Pedoman Gizi Seimbang, Kementerian Kesehatan RI, 2014.

No comments:

Post a Comment